entry image

TINGKATKAN KAPASITAS UPT. PSDMP LAKSANAKAN PELATIHAN MULTIMEDIA DAN TEKNOLOGI BAGI PENYULUH PERTANIAN

Keseriusan Gubernur Sulawesi Selatan H. Andi Sudirman Sulaiman, ST. untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Penyuluh Pertanian yang memiliki Kapasitas dan kualitas kembali di buktikan melalui kegiatan Pelatihan Teknis Multimedia Dan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian Bagi Penyuluh Dan Staf Lapangan Pendamping Program IPDMIP (18-25/07/2022) yang dilaksanakan oleh UPT. Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari unsur penyuluh pertanian dan staf lapangan lokasi IPDMIP Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap dan Pinrang, Konsultan Provinsi dan Kabupaten regional 6 Sulawesi serta Penyuluh pertanian provinsi wilayah binaan lokasi IPDMIP. Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT. PSDMP Ashari, SP. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan penyuluh pertanian di bidang teknis khususnya dalam bidang multimedia dan teknologi informasi penyuluhan pertanian
 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan Ir. H. Imran Jausi, MP. dalam sambutannya ketika membuka gelaran kegiatan tersebut mengatakan bahwa salah satu dukungan penyuluhan yang disediakan oleh IPDMIP adalah memberikan pelayanan penyuluhan secara intensif kepada petani penerima manfaat. Fokus penyuluhan yang intensif ini bukan hanya terbatas pada proses alih teknologi tetapi juga fokus pada upaya-upaya untuk memastikan bahwa teknologi baru diadopsi (diterapkan) oleh para petani.

Selain itu Imran Jausi mengatakan, IPDMIP memandang perlu menyediakan pelatihan Teknis bagi penyuluh pertanian dan staf lapangan yang ada di lokasi proyek guna membekali mereka dengan keterampilan Multimedia dan Teknologi Informasi Penyuluhan Pertanian. "Apalagi di era sekarang ini perkembangan informasi sangat pesat, sehingga Sumber Daya Manusia Pertanian kita harus dibekali dengan pengetahuan tentang penguasaan multimedia dan teknologi agar nantinya mereka tidak ketinggalan" ujar Imran Jausi.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Kepala UPT. PSDMP Asninda, SP., MP mengatakan bahwa Tahun 2022 merupakan tahun ke 5 (lima) atau tahun terakhir pelaksanaan Program IPDMIP sesuai Perjanjian Hibah Daerah yang ditanda tangani antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 14 Februari 2018, serta closing date di Maret 2023. Namun sesuai Arahan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian pada Pertemuan Koordinasi Restrukturisasi Kegiatan dan Anggaran Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP), bahwa Restrukturisasi IPDMIP yaitu dari semula akan berakhir di Maret 2023 akan diteruskan sampai bulan Maret 2025.(VD144)