Sarana
entry image

Kecamatan Balusu Barru Jadi Pusat Pencanangan Kampung Siaga Bencana

Kementerian Sosial menunjuk Kabupaten Barru sebagai wilayah pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) pada Sabtu (16/9/2022) di Lapangan Takkalasi Kecamatan Balusu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial, RI Iyan Kusmadiana.

Kecamatan Balusu ditunjuk sebagai pusat pencanangan KSB karena melihat potensi terjadinya banjir di wilayah tersebut yang hampir ditemui tiap tahunnya.

Kadis Sosial Barru, Andi Syarifuddin mengatakan, penunjukkan Kecamatan Balusu dirasa perlu dalam mengantisipasi potensi bencana seperti banjir terjadi di wilayah tersebut.

“Sehingga sangat tepat jika KSB ini dipusatkan di Kecamatan Balusu, semoga bisa meminimalisir bencana banjir yang terjadi dikemudian hari dan bekal bagi warga yang terlibat untuk nantinya bisa turut mengantisipasi,” katanya.

Apalagi kata dia, program ini juga ditopang oleh pengadaan lumbung sosial sebagai penunjang pemasok pangan bagi wilayah Balusu ini untuk nantinya ketika terjadi musibah banjir sudah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

“Tiga hari yang lalu telah dilakukan pelatihan kepada para relawan yang nantinya akan bekerja sesuai KSB ini, bahkan juga Tagana telah melakukan program Tagana Masuk Sekolah sebagai edukasi dini kepada anak-anak yang ada diwilayah kecamatan Balusu ini,” ujarnya lagi.

Diketahui, pencanangan KSB diikuti oleh berbagai pihak diantaranya Dinas Sosial Prov Sulsel, BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI/Polri, Dinas Kesehatan, PMI, Pramuka, Baznas hingga komunitas relawan.