entry image

Dorong Peningkatan SDM Kebinamargaan, Pemprov Sulsel Gelar Bimtek Ahli Teknik Jalan

Dorong Peningkatan SDM Kebinamargaan, Pemprov Sulsel Gelar Bimtek Ahli Teknik Jalan
 

Makassar - Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejateraan Setda Prov. Sulsel Ichsan Mustari menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Ahli Teknik Jalan yang digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Prov. Sulsel di Hotel Remcy Makassar, Senin, 23 Mei 2022.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi tersebut digelar dalam rangka tukar pikiran serta membangun kesepakatan dan pemahaman bersama dalam menentukan langkah-langkah yang dapat mendukung percepatan di bidang kebinamargaan. Selain itu pertemuan ini juga untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang ahli dalam Bidang Kebinamargaan, khususnya Teknik Jalan dengan percepatan sertifikasi tenaga ahli.


Dalam sambutannya, Ichsan Mustari mengatakan pekerjaan konstruksi tergolong pekerjaan yang mempunyai resiko tinggi terutama pada tahap pelaksanaan konstruksi. Pekerjaan konstruksi menurutnya melibatkan berbagai unsur keilmuan antara lain, sumber daya manusia (tenaga kerja), teknologi yang mencakup peralatan dengan metode kerja dan disiplin ilmu sosial serta sistem pengelolaan yang mendukung terlaksananya pekerjaan konstruksi.

"Dibutuhkan upaya pengendalian konstruksi yang harus memperhatikan semua unsur tersebut", kata Ichsan Mustari.

Menurut Ichsan, berdasarkan amanah dari Undang-undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Jasa Konstruksi, pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang harus dapat berperan aktif dalam hal pembinaan jasa konstruksi.

"Untuk mewujudkan hal ini tentunya sumber daya manusia yang kompeten sangat diperlukan melalui suatu proses peningkatan wawasan dan pengetahuan. Salah satu dari proses tersebut adalah yang akan dilaksanakan pada hari ini", tambahnya.

Ichsan Mustari yang juga Ketua Tim Pembina Jasa Konstruksi (Jakon) Prov. Sulsel berharap dengan adanya acara bimbingan teknis tersebut akan memberikan pemahaman dan menambah wawasan kepada peserta berkaitan dengan bagaimana merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan.

"Melalui kegiatan ini, saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sampai selesai sehingga dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dengan tidak mengabaikan standar kerja pada Bidang Konstruksi yang telah ditentukan". Harapnya. (*)