Sarana
entry image

Bertemu Dubes Prancis, Gubernur Andi Sudirman Beberkan Beragam Potensi di Sulsel

*Bertemu Dubes Prancis, Gubernur Andi Sudirman Beberkan Beragam Potensi di Sulsel

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memaparkan beragan potensi di Sulsel di hadapan Duta besar Prancis untuk Indonesia, Oliver Chambard.

Hal itu diungkapkan Andi Sudirman saat mendampingi Oliver Chambard meresmikan Alliance Francaise De Makassar dan Konsulat Prancis di Makassar yang berlokasi di Jalan Maipa, Kota Makassar, Kamis 23 (23/6/2022).

“Beragam potensi di Sulawesi Selatan, baik dari sektor pertanian, perikanan, pariwisata, industri dan lainnya yang diharapkan ke depan dapat menjadi peluang untuk memperkuat hubungan kerjasama antara Perancis dan Indonesia terkhusus untuk Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Ia pun mengapresiasi hadirnya Alliance Francaise di Kota Makassar.

“Kehadiran Alliance Francaise di Kota Makassar, menjadi sarana edukasi dalam pengajaran bahasa dan promosi budaya Prancis di masyarakat Sulsel,” ungkap Andi Sudirman.

Ia pun merasa senang dan antusias dengan Duta Besar Prancis yang banyak memahami negara Indonesia.

“Beliau sangat paham dengan Indonesia, bahkan menyampaikan sambutannya dalam bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard mengaku tersanjung berada di Sulsel.

“suatu kebahagiaan dan kehormatan hadir di Makassar dalam peresmian Alliance Francaise dan Konsulat Prancis di Makassar,” tuturnya.

Konsul Kehormatan Prancis di Makassar, Prof. Ambo Tuwo memaparkan, bahwa diplomasi memiliki misi yang tujuan akhirnya adalah keberlanjutan.

“Untuk keberlanjutan bangsa, diperlukan manusia adaptif yang bisa menghadapi kondisi kita yang selalu berubah. Olehnya itu, kita butuh manusia adaptif, menyiapkan generasi kedepan,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Direktur Institute Francis Indonesia Stephane Dovert, perwakilan Forkopimda Sulsel serta Walikota Makassar.(*)